no fucking license
Bookmark

Lebih Baik Memilih SEO Ketimbang Google Ads, Kenapa? Ini 3 Alasan Utamanya!

Lebih Baik Memilih SEO Ketimbang Google Ads, Kenapa? Ini 3 Alasan Utamanya!

Website adalah salah satu tools digital yang banyak dipilih oleh para pebisnis karena mampu memberikan mereka banyak manfaat. Manfaat paling besar dari website tentu saja adalah dapat membantu pebisnis untuk melakukan transfer brand knowledge.

Mereka bisa menyampaikan informasi brandnya dengan mudah dan lengkap menggunakan berbagai elemen multimedia konten di dalamnya. Website dapat menampung informasi brand berbentuk teks promosi, gambar, audio, animasi dan juga video.

Transfer brand knowledge melalui website secara konsisten dapat membantu pebisnis untuk meningkatkan kepercayaan brand. Pada akhirnya ini akan meningkatkan level brand awareness yang dimiliki.

Selain membantu pebisnis untuk transfer brand knowledge lebih efektif dan detail, website juga memudahkan pebisnis untuk dapat menjalankan berbagai strategi digital marketing lainnya. Salah satunya adalah SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization.

Sebuah teknik optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google (search engine terpopuler). Sama seperti website, SEO juga bisa menghadirkan berjuta manfaat bag pebisnis.

Manfaat SEO untuk Bisnis

  1. Membantu pebisnis untuk meningkatkan visibilitas pencarian website di SERP (Search Engine Result Pages).
  2. Pebisnis dapat menggunakan SEO untuk menghemat lebih banyak biaya promosi.
  3. Melalui metode Local SEO yang efektif, pebisnis bisa meningkatkan metrik penjualannya.
  4. Website yang punya nilai SEO yang baik, akan memudahkannya untuk dapatkan backlink berkualitas secara gratis sebagai referensi. 

Mengapa SEO Lebih Baik untuk Pebisnis Ketimbang Google Ads?

Pada penjelasan bagian manfaat SEO, di sana mimin mengatakan bahwa SEO dapat menghemat lebih banyak biaya promosi bisnis. Ya, ini memang fakta yang ada, terlebih lagi jika dibandingkan dengan metode SEM (Search Engine Marketing) menggunakan Google Ads.

SEO lebih bersahabat untuk pebisnis terlebih bagi mereka yang belum memiliki kekuatan finansial yang baik.

Ada 3 alasan utama mengapa SEO lebih baik ketimbang Google Ads. 5 alasan itu dimulai dari;

1. Modal Biaya Utama SEO hanyalah Website

Alasan yang pertama adalah modal biaya utama yang diperlukan untuk bisa menjalankan SEO hanyalah sebuah website. Tentu saja biaya untuk membeli domain dan hosting sebuah website dalam 1 tahun, tidak akan semahal biaya yang diperlukan untuk iklan konten website melalui Google Ads selama 1 bulan.

Terlebih lagi jika bisnis yang kamu miliki masih tergolong baru dan belum mendapatkan formula winning ads yang tepat. Kamu pasti akan mengeluarkan banyak modal untuk promosi melalui Google Ads, dan pada akhirnya kamu hanya akan berkutat pada strategi “bakar uang” tanpa ujung.

2. Hasil Konten SEO Tahan Lama di SERP

Memang benar bahwa konten web yang diiklankan melalui Google Ads akan cepat muncul di urutan teratas halaman pertama Google. Tapi konten web tersebut akan ditampilkan dengan label Sponsored. Fakta uniknya, didapatkan dari First Page Sage, konten web yang tampil di SERP dengan label sponsored, mendapatkan kepercayaan yang rendah.

Bahkan CTR (Click-through rate) yang didapatkan dari konten SEO lebih baik daripada CTR yang didapatkan dari konten berbayar (menggunakan Google Ads).

Rinciannya seperti ini;

  • Konten SEO yang tampil di urutan teratas halaman pertama Google mendapatkan CTR hingga 39.60%, sedangkan konten berbayar yang tampil di tempat yang sama hanya mendapatkan CTR sebesar 2.10%.
  • Konten SEO yang tampil di urutan kedua teratas halaman pertama Google mendapatkan CTR hingga 18.40%, sedangkan konten berbayar yang tampil di tempat yang sama hanya mendapatkan CTR sebesar 1.60%.

Selain dapat memengaruhi besar keputusan klik calon pengunjung, konten berbayar dari Google Ads sangat bergantung dari budget iklan yang dimiliki. Apabila budget iklan kamu telah habis, konten tidak akan tampil lagi di halaman pertama Google.

Berbeda dengan SEO, di mana kontennya bisa awet di halaman pertama untuk waktu yang lama, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, atau bahkan lebih tanpa kita perlu pusing memikirkan biaya promosinya.

3. Biaya Promosi Melalui Google Ads Dapat Dialokasikan untuk Keperluan Lain.

Kelebihan lainnya adalah SEO yang dapat menyelamatkan banyak biaya promosi website melalui Google Ads. Biaya yang awalnya ditujukan untuk modal Google Ads, bisa kamu alokasikan untuk keperluan bisnis lainnya.

Sayangnya, SEO bukanlah perkara yang mudah untuk dijalankan. Diperlukan kesabaran ekstra untuk bisa menikmati hasil daripada SEO ini. Selain sabar, pebisnis juga harus dapat memastikan SEO yang dijalankannya lengkap, meliputi 4 metode SEO utama yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, Off Page SEO.

Ini jelas jadi tantangan yang berat bagi pebisnis, terlebih bagi yang sibuk untuk melayani pelanggannya langsung.

“Lalu bagaimana caranya agar saya bisa tetap mendapatkan manfaat besar dari SEO, tanpa harus pusing memikirkannya?”.

Kebetulan sekali, karena di dalam artikel ini, kamu bisa menemukan Rekomendasi Agency SEO Terbaik. Agency SEO tersebut adalah Creativism.

Rekomendasi Agency SEO Terbaik, Creativism.

Ada banyak alasan mengapa mimin merekomendasikan Creativism sebagai pilihan utama. Tapi, di sini mimin hanya akan memberikan 3 alasan saja. 3 alasan ini sudah cukup untuk menyakinkan pebisnis cerdas segera menghubungi mereka.

Adapun 3 alasan tersebut dimulai dari;

1 . Pengelolaan Webnya yang Profesional

Alasan yang pertama adalah pengelolaan web yang dilakukan tim SEO Creativism sangatlah profesional. Creativism memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi untuk bisa membantu website kliennya perform. Mereka akan mengirimkan tim SEO terbaiknya yang terdiri dari 2 tim utama. Yakni tim Content Writer dan juga Webmaster.

Masing-masing dari tim ini memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Seperti tim content writer yang akan bertanggung jawab untuk keperluan On Page SEO dan Off Page SEO website klien. Tim ini, telah berpengalaman menghasilkan banyak konten website berkualitas dari berbagai jenis niche. Dimulai dari bisnis, marketing, fashion, parenting, review, tips dan trik, teknologi, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Sedangkan webmaster akan bertanggung jawab untuk keperluan Local SEO dan Technical SEO website klien. Tim ini akan memastikan laman atau Google My Business klien berjalan optimal.

Di dalam prosesnya, mereka akan rutin memberikan laporan SEO setiap bulannya.

2. Layanan Super Lengkap!

Alasan yang kedua adalah karena Creativism memberikan kliennya layanan SEO super lengkap. Ini dapat dilihat dengan jelas pada peran 2 tim SEO yang ada sebelumnya. Bahkan, hanya dengan memesan paket SEO mereka yang terbawah saja, yakni paket bronze, kamu bisa mendapatkan berbagai layanan keren seperti;

  • Website audit
  • Competitor analysis
  • On Page SEO
  • Off Page SEO
  • Konsultasi
  • Artikel bulanan
  • 1 keyword utama
  • 3 keyword utama
  • 7 blog placement per bulan
  • Optimasi web speed
  • Laporan bulanan

3. Hasil yang Sudah Terbukti

Terakhir, adalah hasil optimasi website yang telah terbukti. Banyak konten website mereka yang berhasil tembus di urutan teratas halaman pertama Google. Kamu bisa coba membuktikannya sendiri dengan Googling melalui deretan keyword di bawah ini;

  • Jasa SEO Jogja Terbaik
  • Pakar SEO Jogja Terbaik
  • Agency SEO Jogja Terbaik
  • Jasa SEO Bandung Terbaik
  • Jasa SEO Medan Terbaik
  • Jasa Video TikTok
  • Dan lain-lain.

Sudah mencobanya?. Deretan keyword di atas, hanya beberapa contoh kecil dari ampuhnya strategi SEO yang dijalankan Creativism. Jadi tunggu apa lagi?, segera pesan Jasa SEO dari Creativism.

Silahkan kunjungi web mereka untuk mengetahui paket SEO apa saja yang mereka tawarkan dan berapakah harga yang dipatok. Semoga bermanfaat.